Selasa, 02 Juli 2013

Expose Pacitan : Pantai Srau (Beautiful Wave from Pacitan)

Peta Wisata Pacitan
Bangga atau Sedihkah kita? Semua ada efek positif dan negatif, namun saat semua ini dikuasai kaum kapitalis percayalah yang ada tinggal efek negatifnya! Kapan semua ini berawal? Ketika expose tentang ombak indah Pantai Watu karung, Pacitan mengguncang jagat surfing dunia... baca juga  Eksotisme Wisata Pacitan ...

Promosi dan publikasi memang penting, tapi promosi yang berujung eksploitasi lah yang tidak kita harapkan. Setelah ekspos yang besar-besaran tentang ombak Watu Karung, Pacitan itu mulai terasa dampak-dampak yang dapat dirasakan masyarakat sekitar. Yang pasti daerah pantai mereka menjadi terkenal di dunia, WOW.. selain itu investor asing pun mulai berdatangan... Investor Asing datang? bagus atau burukkah??? 


Pantai Srau Pacitan


Pantai Srau Pacitan

Bagus, jika investor asing itu datang dan mengembangkan potensi lokal untuk kepentingan masyarakat sekitar dan efek/feedback yang bagus dan bermanfaat. Buruk, jika investor datang untuk "menguasai" wilayah setempat untuk tujuan komersial pribadi atau semacam privatisasi wilayah.. Sebagai contoh, kita bisa lihat ada dua buah villa yang sudah berdiri di bibir pantai dan bukit pantai srau. Padahal di wilayah itu adalah wilayah yang seharusnya dikelola oleh pemerintah setempat. Bagaimana di watu karung? cerita dari seorang warga setempat, sekarang banyak orang kaya baru di Watu Karung. Penduduk setempat banyak yang menjual sebidang tanahnya kepada orang asing. Sebidang tanah yang sebelumnya dengan harga pasaran sekitar 15-30 juta sekarang bisa dihargai dengan ratusan juta oleh orang asing. Hmmm... pasalnya itu tanah resmi milik pribadi bukan itu yang berbahaya.. hehehe..


Pantai Srau Pacitan

Pantai Srau Pacitan

Pantai Watu Karung, Pacitan memang surganya bagi surfer domestik maupun mancanegara, dengan keindahan alam lautnya, dengan besarnya ombaknya memang berpotensi akan setidaknya menyamai ketenaran Pulau Bali.. Gak jauh-jauh ke bali di Pacitan pun cukup sob..!haha..  memang kemajuan sebuah pariwisata di suatu daerah bisa dilihat dari banyaknya pengunjung lokal, domestik dan mancanegara dan juga expose kepada dunia.. tinggal kita sebagai masyarakat lokal siapkah dengan keadaan ini?? Bagaimana kita bisa mengelak dari expose besar-besaran seperti itu?? akan jadi siapa kita jika Pantai Watu Karung, Pacitan menjadi seperti Bali?? apakah kita hanya jadi penonton dan tamu di daerah kita sendiri?? atau kita menjadi tuan rumah yang ramah dan menyambut tamu dengan sifat khas Orang Pacitan??

Semoga Pemerintah tidak lengah menanggapi keadaan ini, dan mari kita jaga potensi kekayaan alam lewat pariwisata Kab. Pacitan, mari kita jadi tuan rumah di daerah kita sendiri.. oke sob!! sekian dulu ya Expose Pacitan, sekaligus bangga dengan wisata daerah Kab. Pacitan..
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan masukan pada postingan ini lewat komentar yang membangun. Terima Kasih.