Senin, 01 Juli 2013

Ketika Seorang Berada Dalam Massa : FENOMENA PSIKOLOGIS

Ngomong masalah "massa", kita pasti berfikir kearah yang namanya Demo, Kampanye, organisasi yang melibatkan orang banyak, dll. kamu pernah terlibat dengan sebuah massa bukan?? pastinya sudah.. karena dari kecil kita sudah dikenalkan dengan organisasi dari organisasi kecil sampai ke organisasi besar yang melibatkan orang banyak, contohnya Event Organiser (EO).

Dalam sebuah massa, jika kita perhatikan sob.. akan banyak fenomena-fenomena yang menarik dari banyak orang terutama tiap personalnya sob.. pokoknya lain dari yang lain..hehe.. pasti kalian pada ngrasain sendiri perubahan itu..haha.


Nah.. apa aja fenomena-fenomena ketika seseorang berada dalam massa?? akan saya ungkap sedikit, ingat cuma sedikit lho yaa.. CATET "S-E-D-I-K-I-T"..!! haha.

1.  Hilangnya personal responsibility (pertanggungjawaban pribadi)
Hilangnya pertanggung jawaban pribadi atau personal responsibility bisa terjadi karena hidupnya kekuatan kolektif yang merangsang seseorang menjadi pemberani atau "KENDEL" melakukan tindakan tertentu.. sistem berfikir yang berkembang dalam benak mereka adalah "tindakan bersama, tanggung jawab bersama".. dan disamping itu, hilangnya tanggung jawab bersama karena hidupnya faktor kepribadian tidak sadar, impulsif sehingga individu  hanya mengerjakan sesuatu tanpa berfikir lebih jauh lagi, sehingga  perilakunya tidak memiliki tanggung jawab personal..

2.  Terjadi Infeksi Jiwa
Infeksi jiwa adalah kondisi atau keadaan jiwa "sakit" dalam arti keadaan jiwa yang tidak wajar dalam kehidupan bermasyarakat, maupun individu. keadaan sakit itu akan mudah menular sob..khususnya kepada orang-orang di sekitarnya sehingga ikut "sakit". keadaan sakit ini akan membuat individu mau mengorbankan kepentingan diri sendiri bagi kepentingan orang banyak dalam kelompoknya.. dalam suasana menular ini, orang-orang yang semula ragu-ragu dalam bertindak berubah menjadi berani untuk bertindak.

3.  Jiwa Massa sangat Sugestible
Dalam kondisi jiwa yang sugestible (kondisi jiwa yang labil karena pengaruh-pengaruh tertentu) anggota massa akan sangat mudah tersinggung, melawan semua yang dianggap menentang dan melawan tanpa memperhitungkan menang kalau melanggar atau tidak melanggar hukum. Dalam keadaan “ramai-ramai” dan situasi massal ini mereka yakin mempunyai kekuatan yang bulat, sehingga berani bertindak tanpa ragu, kompak sehingga individu-individu dapat dibawa kepada suatau keadaan yang meleburkan pribadinya dan menelusuri keinginan orang yang mensugestinya. 

4.  Timbul Perilaku yang Spontan
Mengapa orang yang berkumpul dalam suatau massa akan mudah menimbulkan perilaku yang spontan. Hal ini terjadi karena adanya saling stimulasi antara individu dengan kekuatan massa. Dari saling stimulasi antar individu dengan kekuatan massa tadi akan terbentuk hal hal sebagai berikut :
A. Homogenitas yaitu terbentuknya suatu kondisi pribadi tertentu yang mempunyai kesamaan massa, baik secara sadar maupun tidak.
B. Menurunnya daya Intelektual dan rasionalitas.
C. Perilaku Merusak.
D. Terjadi peningkatan Intensitas emosi sehingga meningkatkan solidaritas antar anggota massa.

Nah sesuai yang saya janjikan.. itulah sedikit fenomena-fenomena yang saya pelajari dan saya ketahui..hahhaha..

                                          .....Semoga Bermanfaat Sob.....
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan masukan pada postingan ini lewat komentar yang membangun. Terima Kasih.