Selasa, 30 Juli 2013

KAB. PACITAN dalam Ragam Budaya dan Wisata

Bicara soal Pariwisata... Sektor pariwisata di Kabupaten Pacitan mempunyai peluang yang cukup prospektif untuk dikembangkan menjadi industri Pariwisata yang mampu bersaing dengan Pariwisata di daerah yang lain bahkan manca negara, yaap.. ini cukup beralasan, karena obyek wisata yang ada cukup beragam dan mempunyai ciri khusus dan nilai lebih dibanding dengan daerah lainnya. Pengembangan kepariwisataan tidak hanya mampu meningkatkan pendapatan asli daerah semata, yang lebih penting kepariwisataan di Kabupaten Pacitan mampu memberdayakan masyarakat sendiri sehingga mereka merasa memiliki, melaksanakan, melestarikan, dan pada akhirnya dapat meningkatkan pendapatan masyarakat melaui cara memberikan lapangan kerja dan kesempatan berusaha.

Potensi Pariwisata di Kabupaten Pacitan sendiri meliputi Wisata Pantai, Wisata Goa, Wisata Budaya/ Religius, Wisata Rekrekeasi, Wisata Industri. Potensi obyek wisata dikembangkan melalui Program Pembangunan Kepariwisataan mencakup kegiatan peningkatan dan rehabilitasi obyek wisata yang ada, peningkatan sarana dan prasarana ke lokasi obyek wisata, pengelolaan obyek wisata berupa kerja sama dengan biro perjalanan dan perhotelan, penataan manajerisasi perhotelan dan rumah makan serta yang palung kegiatan Promosinya.



Obyek-obyek wisata di Kabupaten Pacitan dapat diklasifikasikan menjadi beberapa katagori 
antara lain:


1. Obyek wisata yang sudah dibangun dan telah memberikan kontribusi bagi pendapatan masyarakat dan daerah antara lain: Pantai Teleng Ria, Pantai Tamperan, Goa Gong, Goa Tabuhan, Pemandian air hangat dan Pantai Srau dan masih banyak lagi lainnya..
2. Obyek wisata yang mempunyai prospek yang baik dan perlu pembangunan dan pelestarian yang konseptual seperti Pantai Klayar, Pantai Watukarung, Pantai Srau, Pantai Sidomulyo, Luweng Jaran dan Luweng Ombo serta kegiatan atraksi wisata seperti Ceprotan, Tari Khetek Ogleng dan Monumen Panglima Besar Jenderal Sudirman.
3. Obyek wisata lainnya yang menjadi wahana pelengkap pariwisata baik itu Goa dan Obyek wisata Sejarah dan sebagainya


*****

=== OBYEK WISATA ===

1. Pantai Teleng Ria
Pantai ini menghadap ke Pantai Selatan dengan hamparan Pasir Putih sepanjang kurang lebih 3 Km. Jarak dari Ibukota Kabupaten ke lokasi wisata hanya 3,5 Km, dan dapat dengan mudah dicapai dengan berbagai jeniss kendaraan. Berbagai sarana yang telah dibangun antaara lain adanya Gardu Pandangn untuk menikmati desiran ombak laut selatan, Kolam Renang dan Arena Bermain Anak-anak, Penginapan Serba Guna Bonggo Budoyo dann Aareal Perkemahan, arena Pemancingan, dan makanan khas Pacitan.selain itu pantai ini digunakan juga untuk Tempat Pendaratan Ikan (TPI) sehingga pengunjung dapat membeli ikan segar.

2. Pantai Sr
au
Pantai Srau berada di wilayah kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan, yang jaraknyaa kurang lebih 25 Km ke arah barat kota Pacitan dapat dilalui dengan kendaraan umum dan pribadi. Pantai yang berpasir putih ini sangat cocok untuk kegiatan arena pancing samodra.

3. Pantai Klayar
Pantai Klayar berada di wilayah kecamatan Donorojo Kabupaten Pacitan, yang jaraknya kurang lebih 35 Km ke arah barat kota Pacitan. Pantai berpasir putih ini memiliki suatu keistimewaan yaitu adanya seruling laut yang sesekali bersiul di antara celah batu karang dan semburan ombak. Di samping itu juga terdapat Air Mancur Alami yang sangat Indah. Air mancur ini terjadi karena tekanan ombak air laut yang menerpa tebing karang berongga. Air muncrat yang dapat mencapai ketinggian 10 meter menghasilkan gerimis dan embun air laut yang diyakini berkhasiat sebagai obat awet muda.

4. Pantai Sidomulyo
Pantai ini terletak di desa Sidomulyo kecamatan Ngadirajo yang berjarak 50 Km dari Ibu kota Kabupaten dan dapat dijangkaru dengan segala jebis kendaraaan. Pantai dengan pasir putihnya menghadap ke pantai selatan yang panjangnya 2 Km.

5. Goa Gong
Goa dengan stalagtit dan stalagmit yang konon terindah se Asia Tenggara mempunyai kedalaman kurang lebih 256 m, selain itu mempunyai 5 sendang yaitu Sendang Jampi Rogo, Sendang Panguripan, Sendang Relung Jiwo, sendang Kamulyan, dan sendang Ralung Nisto yang kono memiliki nilai magis untuk menyembuhkan penyakit. Keindahan Stalagnit dan stalagmitnya sangat memukau diabadikan dengan nama Selo Cengger Bumi, Selo Gerbang Giri, Selo Citro Cipto Agung, Selo Pakuan Bomo, Selo Adi Citro Buwono, Selo Bantaran Angin dan Selo Susuh Angin. Goa ini terletak 30 Km arah barat kotak Pacitan tepatnya desa bomo kecamatan Punung dan dapat dengan mudah dijangkau dengan segala jenis kendaraan. Fasilitas yang tersedia adalah souvenir, rumah makan, Tempat Parkir, MCK, Musholla.

6. Goa Tabuhan
Dinamakan Goa Tabuhan karena stalagtit dan stalagmitnya pesinden atau waranggono. Dengan keunikannya tersebut Goa ini telah dikenal luas, hingga saat ini pun juga masih banyak dinikmati wisatawan maupun seniman untuk ajang pentas seni. Gua ini terletak di desa Wareng kecamatan Punung kurang lebih 40 km dari pusat kota Pacitan ke arah barat. Fasilitas yang ada seperti Musholla dan souvenir (Aneka produk batu Mulia/Akik).

7. Pemandian Air Hangat
Mata air yang masih menyimpan berbagai khasiat dan manfaat utamanya bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Pemandian ini diberi nama “ Tirto Husodo “ saat ini telah dibangun dua tempat berendam, dua buah kolam renang dan tempat Penginapan. Aksesibilitas ke obyek wisata ini relatif mudah, dapat dicapai dengan kendaraan roda empat dengan kondiri jalan baik, kurang lebih 15 Km dari Kota Pacitan, tepatnya di kecamatan Arjosari.

8. Upacara Ceprotan
Upacara Ceprotan ini sudah menjadi acara/event yang masuk kalender Pariwisata jawa timur, upacara ini merupakan kegiatan tradisi adat di desa Sekar secara turun temurun yang selalu dilaksanakan tiap tahun pada bulan Dulkangidah (lngkang) hari jum'at atau senin kegiatan ini dimaksudkan untuk mengenang Legenda rakyat Desa sekar yaitu dewi sekartaji dan pani Asmorobangun melalui kegiatan bersih desa. Lokasi upacara Ceprotan di desa sekar kecamatan Donorojo kota Pacitan ± 40 Km ke arah barat.



..Foto-Foto Wisata check it..
Pantai Teleng Ria
Teleng Ria:

Teleng Ria:

Teleng Ria:
Pantai Srau
Pantai Srau:

Pantai Srau:

Pantai Srau:
Pantai Klayar
Pantai Klayar:
Pantai Klayar:
Pantai Klayar:
Pantai Sidomulyo
Pantai Sidomulyo:
Pantai Sidomulyo:
Pantai Sidomulyo:
Goa Gong
Goa Gong:

Goa Gong:

Goa Gong:
Goa Tabuhan
Goa Tabuhan:
Goa Tabuhan:
Goa Tabuhan:
Pemandian Air Hangat
Pemandian Air Hangat:
Pemandian Air Hangat:
Pemandian Air Hangat:
Upacara Adat Ceprotan
Upacara Adat Ceprotan:
Upacara Adat Ceprotan:
Upacara Adat Ceprotan:
Peta Wisata Kab. Pacitan
Peta:
Masih Banyak lagi obyek wisata dan budaya yang mash tersembunyi di Tanah Kelahiran Presiden SBY ini, cuma masih belum terjamah dan ter ekspos oleh umum bahjan media. Tapi memang wajib dipercaya bahwa Kab. Pacitan memang menyimpan pesona alam yang luar biasa dan merupakan pemasukan yang besar untuk daerah Kab. Pacitan sendiri.. Dan bagaimana supaya alam Pacitan ini bisa lebih lestari, yaa.. harus kita lestarika karena alam ini milik kita semua, dan wajib kita jaga dan lestarikan... Kapan lagi dan dimana lagi kita bisa menikmati karya seni dari Allah SWT ini jika kita tidak melestarikannya...
...Sekian dan Terima Kasih...

SUMBER :
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan masukan pada postingan ini lewat komentar yang membangun. Terima Kasih.